HASIL SURVEI DI KANTOR
DINAS KEPENDUDUKAN DAN
PENCATATAN SIPIL
DALAM PENGURUSAN KK,AKTA,KTP SERTA
BAGAIMANA PELAYANANNYA
Kartu
Keluarga ( KK ) menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan,
terutama jika anda baru saja menikah dan membentuk keluarga baru. Kartu
Keluarga merupakan kartu identitas bagi sebuah keluarga yang memuat berbagai data
penting, seperti nama,susunan anggota keluarga, hubungan, pekerjaan, dan
berbagai informasi penting lainnya.dalam
penggunaaannya,kartu keluarga akan sering dipakai sebagai salah-satu
persyaratan utama dalam pengurusan administrasi dan juga berbagai dokumen
penting,misalnya AKTA,pendaftaran anak masuk sekolah, pengantian KTP dan
berbagai urusan perbankan juga yang akan membutuhkan KK sebagai Persyaratannya.
kartu tanda penduduk (KTP ) harus dimiliki oleh setiap orang ketika sudah berusia
17 tahun ke atas,tidak peduli berasal dari daerah mana selama orang tersebut berada
di indonesia harus memiliki KTP.
Saya selaku Dari
Kelompok 1 ingin
Menyimpulkan Hasil Penelitian Survei yang telah kami dilakukan DI
KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL sebagai berikut :
Dari pertanyaan
yang telah kami ajukan kepada Masyarakat,dan jawaban yang diberikan masyarakat
ada yang menjawab menyukai pelayanan di Kantor Catatan Sipil,baik itu dari
segi pelayanan Pembuatan KK,AKTA
serta KTP dan ada yang kurang menyukai pelayanan di Kantor
Catatan Sipil,baik itu dari segi pelayanan Pembuatan KK, AKTA dan KTP.Tidak sesuai dengan ketentuan yang di berikan
Pemerintah. karena seperti
yang diketahui pemerintah sudah menetapkan bahwa Pembuatan KK, AKTA dan KTP harus di
percepat 1-3 hari selesai, lantas
pelayanan Catatan sipil di sumbawa kurang maksimal bahkan molor waktu
yang di tentukan untuk masyarkat mengurus KK, AKTA dan KTP. Dan sebagian masyarakat
terkadang kecewa dengan petugas yang bekerja dicapil tersebut akan tetapi mereka tidak ada yang berani untuk
mengungkapkan kebenarannya.
Dikarenakan kebanyakan masyarakat sekarang ini lebih memilih
untuk diam dan tidak mau mengungkapkan isi hatinya.dari survai yang saya lihat
lansung, tercetak dengan jelas bahwa masyarakat sepertinya terlalu takut
menyampaikan pendapatnya, sebanyakkan mereka lebih memilih untuk berbohong
mengenai pelayanan yang mereka rasakan. menurut pendapat saya,seharusnya
masyarakat dapat atau mampu untuk menyampaikan keluh kesahan dan siapa tau juga
petugas kantor cipil bisa tersentuh hatinya ketika tahu apa yang dirasakan
masyarakatnya sekarang ini. akan tetapi masyarakat msih terlalu keras dengan
pendiriannya yaitu ‘’diam dan tidak mau bertindak’’.sehingga pada akhirnya
tidak akan ada kemajuan apa-apa. dimana masyarakat akan selalu diam…diam dan
diam dan petugas tidak akan tau akan kesalahan yang mereka perbuat.
Dari 10 Responden yang kami tanyai hanya ada 3 orang yang menjawab kurang puas akan
pelayanan yang ada di kantor Sipil.yakni Ibu Nayla,Ibu Suci dan Pak Trisna .dan
yang lain menjawab puas akan pelayanan yang ada dikantor sipil tersebut.
Narasumber :
1. Ibu Nayla
2. Pak Arianto
3. Pak Syamsudin
4. Ibu Sunarti
5. Pak Trisna
6. Pak Budi
7. Ibu Suci
8. M.Nur
9. Pak Supriadi
10. Pak Ramdani
DEMIKIANLAH
HASIL DARI SURVEI KELOMPOK 1
SEKIAN DAN TERIMAKASIH
LAMPIRAN









Tidak ada komentar:
Posting Komentar