Minggu, 21 Januari 2018

TUGAS HASIL SURVEI KANTOR CAPIL KABUPATEN SUMBAWA TENTANG PELAYANAN DAN PENGURUSAN KK, AKTA DAN KTP



HASIL SURVEI DI KANTOR
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
DALAM  PENGURUSAN KK,AKTA,KTP SERTA BAGAIMANA PELAYANANNYA


          Kartu Keluarga ( KK ) menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, terutama jika anda baru saja menikah dan membentuk keluarga baru. Kartu Keluarga merupakan kartu identitas bagi sebuah keluarga yang memuat berbagai data penting, seperti nama,susunan anggota keluarga, hubungan, pekerjaan, dan berbagai  informasi penting lainnya.dalam penggunaaannya,kartu keluarga akan sering dipakai sebagai salah-satu persyaratan utama dalam pengurusan administrasi dan juga berbagai dokumen penting,misalnya AKTA,pendaftaran anak masuk sekolah, pengantian KTP dan berbagai urusan perbankan juga yang akan membutuhkan KK sebagai Persyaratannya. kartu tanda penduduk (KTP ) harus dimiliki oleh setiap orang ketika sudah berusia 17 tahun ke atas,tidak peduli berasal dari daerah mana selama orang tersebut berada di indonesia harus memiliki KTP.

          Saya selaku Dari Kelompok 1 ingin Menyimpulkan Hasil Penelitian Survei yang telah kami dilakukan DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL sebagai berikut :

Dari pertanyaan yang telah kami ajukan kepada Masyarakat,dan jawaban yang diberikan masyarakat ada yang menjawab menyukai pelayanan di Kantor Catatan Sipil,baik itu dari segi pelayanan Pembuatan KK,AKTA serta KTP dan ada yang  kurang menyukai pelayanan di Kantor Catatan Sipil,baik itu dari segi pelayanan Pembuatan KK, AKTA dan  KTP.Tidak sesuai dengan ketentuan  yang di berikan Pemerintah. karena seperti yang diketahui pemerintah sudah menetapkan bahwa Pembuatan KK, AKTA dan KTP harus di percepat 1-3 hari selesai, lantas pelayanan Catatan sipil di sumbawa kurang maksimal  bahkan molor waktu yang di tentukan untuk masyarkat mengurus KK, AKTA dan KTP. Dan sebagian masyarakat terkadang kecewa dengan petugas yang bekerja dicapil tersebut akan tetapi mereka tidak ada yang berani untuk mengungkapkan kebenarannya.

Dikarenakan kebanyakan masyarakat sekarang ini lebih memilih untuk diam dan tidak mau mengungkapkan isi hatinya.dari survai yang saya lihat lansung, tercetak dengan jelas bahwa masyarakat sepertinya terlalu takut menyampaikan pendapatnya, sebanyakkan mereka lebih memilih untuk berbohong mengenai pelayanan yang mereka rasakan. menurut pendapat saya,seharusnya masyarakat dapat atau mampu untuk menyampaikan keluh kesahan dan siapa tau juga petugas kantor cipil bisa tersentuh hatinya ketika tahu apa yang dirasakan masyarakatnya sekarang ini. akan tetapi masyarakat msih terlalu keras dengan pendiriannya yaitu ‘’diam dan tidak mau bertindak’’.sehingga pada akhirnya tidak akan ada kemajuan apa-apa. dimana masyarakat akan selalu diam…diam dan diam dan petugas tidak akan tau akan kesalahan yang mereka perbuat.

Dari 10 Responden yang kami tanyai hanya  ada 3 orang yang menjawab kurang puas akan pelayanan yang ada di kantor Sipil.yakni Ibu Nayla,Ibu Suci dan Pak Trisna .dan yang lain menjawab puas akan pelayanan yang ada dikantor sipil tersebut.

Narasumber     :
1.      Ibu Nayla
2.      Pak Arianto
3.      Pak Syamsudin
4.      Ibu Sunarti
5.      Pak Trisna
6.      Pak Budi
7.      Ibu Suci
8.      M.Nur
9.      Pak Supriadi
10.  Pak Ramdani


DEMIKIANLAH  HASIL DARI  SURVEI KELOMPOK 1
SEKIAN DAN TERIMAKASIH


 LAMPIRAN
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar